Hari Buruh Sedunia, KIKA Serukan Dosen Ikut Gabung Aksi

Hari Buruh Sedunia, KIKA Serukan Dosen Ikut Gabung Aksi

HARIANKALTIM.COM – Berkaitan peringatan Hari Buruh Sedunia pada Senin 1 Mei 2023 besok, Kaukus Indonesia untuk Kebebasan Akademik (KIKA) menyampaikan seruannya.

Dalam rilisnya, KIKA menyerukan seluruh dosen-dosen di Indonesia untuk membangun “Serikat Buruh” nasional bagi pekerja kampus dan bergabung ke dalam aksi-aksi peringatan Hari Buruh Internasional.

Dosen Fakultas Hukum Universitas Mulawarman, Herdiansyah Hamzah yang tergabung dalam KIKA berkata, setidaknya ada 3 alasan mendasar mengapa dosen-dosen di Indonesia juga harus bergabung merayakan hari buruh.

Pertama, dosen juga buruh, jika mengutip definisi standar mengenai buruh, sebagaimana disebutkan dalam ketentuan Pasal 1 angka 6 Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2000 tentang Serikat Pekerja/Serikat Buruh juncto Pasal 1 angka 3 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Maka siapapun yang bekerja dengan menerima upah atau imbalan dalam bentuk lain, maka ia adalah seorang buruh.

Kedua, dosen harus berserikat. Karena berserikat inilah, maka dosen harus berhimpun dan belajar bersolidaritas dengan sesama buruh lainnya.

Ketiga, dosen harus bersatu. Setumpuk persoalan yang kerap dihadapi dosen hari-hari belakangan ini, harus disuarakan.

“Karena itu, dosen butuh persatuan. Bersatu dengan sesama dosen, sekaligus bersatu dengan sesama buruh lainnya. Hanya dengan persatuanlah, posisi tawar kita jauh lebih kuat,” beber Castro – sapaannya.

Ditambahkan, masalah beban administratif, kesejahteraan, kebebasan akademik, hingga masalah regulasi yang merugikan dosen semacam PermenPAN-RB Nomor 1 Tahun 2003, hanya mungkin diperjuangkan jika dosen bersatu

Wadah persatuan tentu saja melalui serikat buruh, dengan serikatlah, persatuan mampu dibangun, dan solidaritas dapat terbentuk.

“Sebab buruh tidak mengenal warna kulit, jenis kelamin, dan jenis pekerjaan. Semua sama, buruh,” tegasnya. (RED)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com