Jadi Khatib Salat Id di UMKT, AH Sampaikan Makna Mendalam Idul Adha

Jadi Khatib Salat Id di UMKT, AH Sampaikan Makna Mendalam Idul Adha

HARIANKALTIM.COM – Wali Kota Samarinda, Dr H Andi Harun menjadi khatib atau penceramah pada salat Idul Adha 1445 Hijriah di Kampus Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT), Jalan Juanda, Senin (17/06/2024) pagi.

Dalam ceramahnya, Andi Harun (AH) mengangkat tema implementasi Idul Adha melalui pengorbanan, kemanusiaan, dan akar kemajuan peradaban.

“Idul Adha tidak hanya dirayakan oleh umat Islam yang beruntung melaksanakan haji, namun juga dirayakan penuh sukacita oleh umat Islam di seluruh dunia,” ujarnya.

Ia menekankan bahwa Idul Adha mengingatkan umat Islam tentang suatu aspek fundamental dalam praktik keimanan setiap muslim, yaitu ibadah kurban atau pengorbanan.

“Fakta pengorbanan Nabi Ibrahim bersama anaknya Nabi Ismail dan istri-istrinya Siti Sarah dan Siti Hajar menjadi esensi dari khutbah Idul Adha hari ini,” lanjutnya.

Andi Harun menyampaikan tiga poin utama dalam khutbahnya yakni kurban dan Implementasi Keimanan serta Ketaqwaan.

Ia menyoroti kisah Siti Sarah yang terus berdoa untuk diberi keturunan dan akhirnya dianugerahi anak meski sudah berusia lanjut.

Hal ini menekankan pentingnya keteguhan iman dan ketaqwaan dalam menjalani kehidupan.

Kurban dan Implementasi Nilai Kemanusiaan, menurutnya, perintah kurban bukan hanya memperkukuh kesalehan individu (penyerahan diri kepada Allah) tetapi juga menekankan kesalehan sosial.

Ritus ini berfungsi sebagai pengulangan perasaan dan sikap yang memperkuat solidaritas sosial di antara umat.

Kurban dan Akar Kemajuan Peradaban Bangsa, Andi Harun mengisahkan hijrahnya Siti Hajar dan putranya Ismail ke Lembah Bakkah, sebuah kawasan tandus dan tak berpenghuni.

Perjuangan Siti Hajar yang turun naik di Bukit Shafa dan Marwah dalam mencari makanan dan minuman hingga munculnya air zam-zam menjadi simbol kemajuan peradaban yang berakar dari pengorbanan dan ketabahan.

Andi Harun berharap, khutbah yang disampaikan dapat menginspirasi umat Islam untuk memaknai Idul Adha lebih dari sekadar ritual, tetapi sebagai momentum untuk memperkuat iman, meningkatkan solidaritas sosial, dan menghargai nilai-nilai kemanusiaan yang mendasari kemajuan peradaban. (ADV)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com