SOROTAN
FAM Resmi Laporkan Kasus Miliaran Baznas Kaltim ke Kejaksaan        Salah Satu SPBU Baru di Samarinda Diduga Langgar Aturan      Kontraktor Curhat Setoran Naik Jadi 15 Persen      Warga Tetangga PDAM Ngaku Tak Pernah Dapat Bantuan CSR      Ada Tulisan Parkir Gratis, Tapi Jukir di Minimarket Masih Dibiarkan

Salah Satu Daerah di Kaltim Ini Diminta Waspada, Kemenkes Pantau 19 Kab/Kota se-Indonesia

Salah Satu Daerah di Kaltim Ini Diminta Waspada, Kemenkes Pantau 19 Kab/Kota se-Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bakal memantau ketat 19 kabupaten/kota yang mengalami tren kenaikan kasus virus corona (Covid-19) dalam beberapa waktu terakhir.

Pemantauan bakal ditingkatkan menjelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.
Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan 19 kabupaten/kota ini tersebar di 13 provinsi dari Sumatera sampai Papua.

“Fak-fak dan Purbalingga yang mengalami kenaikan kasus selama empat minggu berturut-turut,” kata Nadia kepada CNNIndonesia.com, Rabu (24/11/2021).

Sementara 17 kabupaten/kota lainnya mengalami kenaikan rata-rata dua pekan berturut-turut.

Nadia menyebut tren kenaikan itu dihitung oleh Kemenkes berdasarkan parameter penambahan kasus di suatu daerah yang melebihi 10 kasus dalam dua pekan.

Tingkat kedisiplinan 19 kabupaten/kota dalam melaksanakan testing dan tracing yang mulai menurun juga diduga menjadi salah satu penyebab daerah tersebut mengalami kenaikan kasus Covid-19.

Untuk itu Nadia berpesan agar pemerintah daerah dari 19 kabupaten/kota tersebut tetap waspada dan meningkatkan strategi testing dan tracing.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 ini juga meminta agar seluruh pemerintah daerah giat melakukan akselerasi vaksinasi guna mencapai kekebalan kelompok yang ditargetkan.

“Kita tahu perjalanan kita untuk bagaimana kita mengupayakan vaksinasi betul-betul bisa berjalan sesuai harapan ya, artinya bisa berkontribusi terhadap penanganan pandemi covid-19 di Indonesia,” ujarnya.

CNNIndonesia.com telah merangkum daftar 19 kabupaten/kota sesuai data yang dibagikan oleh Kemenkes, sebagaimana berikut:

Jawa Barat
Kabupaten Ciamis
Kota Tasikmalaya

Jawa Tengah
Kabupaten Purbalingga
Kabupaten Boyolali
Kabupaten Pekalongan

Jawa Timur
Kabupaten Nganjuk

Sumatera Utara
Kabupaten Padang Lawas Utara

Sumatera Selatan
Kota Palembang

Sumatera Barat
Kota Bukittinggi

Lampung
Kabupaten Lampung Utara
Kota Bandar Lampung

Aceh
Kota Lhokseumawe

Kepulauan Bangka Belitung
Kabupaten Belitung Timur

Kalimantan Barat
Kabupaten Sanggau
Kabupaten Melawi
Kota Pontianak

Kalimantan Timur
Kabupaten Kutai Timur

Maluku
Kabupaten Tanimbar

Papua Barat
Kabupaten Fak Fak.