SOROTAN
FAM Resmi Laporkan Kasus Miliaran Baznas Kaltim ke Kejaksaan        Salah Satu SPBU Baru di Samarinda Diduga Langgar Aturan      Kontraktor Curhat Setoran Naik Jadi 15 Persen      Warga Tetangga PDAM Ngaku Tak Pernah Dapat Bantuan CSR      Ada Tulisan Parkir Gratis, Tapi Jukir di Minimarket Masih Dibiarkan

Sambut IKN dengan Seni Budaya, Disdikbud Kaltim Ajak Lestarikan Tarian Daerah 

Sambut IKN dengan Seni Budaya, Disdikbud Kaltim Ajak Lestarikan Tarian Daerah 
Kepala Disdikbud Kaltim, Anwar Sanusi MPd. (foto: ist)

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalimantan Timur  (Kaltim) menggelar ajang Pemilihan Putera Puteri Duta Tari tingkat Provinsi Kaltim Tahun 2022.

Grand final even akbar ini dilaksanakan, Sabtu malam 21 Mei 2022 lalu, di Hotel Grand Senyiur Balikpapan.

Dibuka resmi oleh Kepala Disdikbud Kaltim, Anwar Sanusi MPd, dan dihadiri antara lain para pejabat dari Biro Kesejahteraan Rakyat Provinsi Kaltim, Biro Ekonomi Provinsi Kaltim, Kepala Dispora Provinsi Kaltim, Kepala Dispora Kota Balikpapan, Walikota Balikpapan, Ketua Dewan Kesenian Balikpapan, Puteri Pariwisata Kaltim tahun 2022, Putera Puteri Kebudayaan Kaltim, Duta Anti Narkoba Kota Balikpapan, dan Duta Wisata Kota Balikpapan.

Dalam sambutannya, Anwar Sanusi mengatakan bahwa Kaltim yang merupakan Ibu Kota Negara (IKN) baru pada tahun 2024 nanti, maka mulai sekarang anak-anak harus dilatih dan dididik untuk meneruskan memelihara dan melestarikan kesenian berupa tarian daerah yang ada di Kaltim.

“Kita ingin daerah di pedalaman juga jadi tempat pelestarian dan pengembangan, karena sebenarnya di sana banyak yang memiliki potensi menari, sehingga daerah lain juga jadi termotivasi untuk mengembangkan,” katanya.

Selain itu, Anwar juga menambahkan kegiatan rutin tahunan ini merupakan cikal bakal untuk peringatan Hari Tari Internasional yang nantinya akan diperingati dengan menggelar pementasan tarian secara kolosal.

“Kegiatan ini merupakan even tahunan yang melalui even ini nantinya akan menjadi cikal bakal adanya tarian kolosal untuk peringatan Hari Tari Internasional, semoga bisa terlaksana,” harapnya.

Sambut IKN dengan Seni Budaya, Disdikbud Kaltim Ajak Lestarikan Tarian Daerah 
Penampilan para peserta Pemilihan Putera Puteri Duta Tari tingkat Provinsi Kaltim Tahun 2022. (foto: ist)

Sementara, Ketua Panitia Pelaksana, Yekti Utami S.Sen menjelaskan, kegiatan ini digelar dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan potensi kesenian daerah Provinsi Kaltim sebagai salah satu aset terpenting di bidang kebudayaan dan mempromosikan potensi daya tarik kesenian.

“Selain itu, juga meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia dan peran serta masyarakat khususnya generasi muda dalam bentuk perwujudan visi dan misi Pemerintah Provinsi Kaltim,” jelasnya.

Disampaikan pula, acara garapan Bidang Kebudayaan Disdikbud Kaltim ini melibatkan peserta finalis dengan jumlah 19 orang se-Kabupaten/Kota di Kaltim.

Rinciannya, Kota Samarinda diikuti 2 orang, Kabupaten Paser diikuti 2 orang, Kabupaten Kutai Barat diikuti 2 orang, Kabupaten Kutai Kartanegara diikuti 2 orang, Kabupaten Penajam Paser Utara diikuti 2 orang, Kabupaten Kutai Timur diikuti 1 orang, Kabupaten Mahakam Ulu diikuti 2 orang, Kota Balikpapan diikuti 4 orang, dan Kabupaten Berau diikuti 4 orang.

Berikut nama-nama pemenang pada ajang Pemilihan Putra dan Putri Duta Tari Kaltim 2022:

– Juara Harapan III Putra: Andreas Sului dari Mahakam Ulu dan Putri: Tiffany dari Balikpapan.

– Juara Harapan II Best Performance Putra: Muhammad Nabil dari Berau dan Putri: Syarifah Yesica Elviana Putri dari Samarinda.

-Juara Harapan I Best Intelegensia Putra: Febry Ardiansyah dari Samarinda dan Putri: Viona Rosalina dari Paser.

– Juara III, Runner Up II Putra: Muhammad Sukran dari Balikpapan dan Putri: Muftabul Fadilah Putri dari Berau.

– Juara II, Runner Up I Putra: Alfinizar Julianus Fajar dari Kutai Timur dan Narsidah Ilam dari Penajam Paser Utara (PPU)

Sedangkan, untuk posisi pemenang utama sekaligus menjabat sebagai Putra dan Putri Duta Tari Kaltim 2022, yaitu Ary Febrian Masis dari PPU dan Dheya’an Aulia Putri dari Balikpapan.

Putra dan Putri Duta Tari Kaltim 2022 yang terpilih ini nantinya akan mewakili Kaltim ke ajang nasional pemilihan Putra dan Putri Duta Tari Indonesia. (MH/ADV