SOROTAN
FAM Resmi Laporkan Kasus Miliaran Baznas Kaltim ke Kejaksaan        Salah Satu SPBU Baru di Samarinda Diduga Langgar Aturan      Kontraktor Curhat Setoran Naik Jadi 15 Persen      Warga Tetangga PDAM Ngaku Tak Pernah Dapat Bantuan CSR      Ada Tulisan Parkir Gratis, Tapi Jukir di Minimarket Masih Dibiarkan

Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang hingga Besok, Ini Peringatan Dini BMKG untuk Wilayah Kaltim

Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang hingga Besok, Ini Peringatan Dini BMKG untuk Wilayah Kaltim

BMKG melalui Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, mengeluarkan peringatan dini cuaca Kaltim berupa hujan lebat berpetir disertai angin kencang, sehingga semua pihak diminta mewaspadai dampaknya.

“Sejumlah kawasan di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) berpotensi terjadi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang berdurasi singkat,” kata Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I SAMS Sepinggan Heni Herlina di Balikpapan, dikutip HarianKaltim.com dari Antara, Selasa (11/01/2021).

Dampak yang bisa ditimbulkan dari kejadian ini adalah jalan licin, banjir, pohon tumbang, tanah longsor, dan lainnya sehingga masyarakat dan pihak terkait seperti BPBD di masing-masing daerah diminta melakukan antisipasi terhadap dampaknya.

Kawasan yang berpotensi terjadi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang berdurasi singkat itu adalah pada Selasa, 11 Januari terjadi di Kota Balikpapan. Kabupaten Berau meliputi Kecamatan Kelay dan Pulau Derawan. Kutai Barat meliputi Kecamatan Bentian Besar, Tabang, Sendawar, Damai, Melak, Bongan, Long Iram, dan Muara Pahu.

Kabupaten Paser meliputi Kecamatan Batu Sopang dan Tanah Grogot. Mahakam Ulu meliputi Kecamatan Laham, Long Apari, dan Long Bagun. Kecamatan Penajam di PPU. Kecamatan Tenggarong di Kutai Kartanegara. Kecamatan Bengalon, Muara Ancalong, Muara Muntai, dan Kongbeng di Kutai Timur.

“Untuk Rabu, 12 Januari, hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang berdurasi singkat berpotensi terjadi Tanah Grogot, Bongan, Muara Jawa, Long Iram, Long Apari, Loa Janan Ilir, Bengalon, Sendawar, Damai, Kongbeng, Long Apari, dan Kecamatan Damai,” ujar Heni.