Event  

43 Tim Pemadam Bersaing di Kukar Fire Fightinger and Rescue Team Challenge 2022

43 Tim Pemadam Bersaing di Kukar Fire Fightinger and Rescue Team Challenge 2022

HARIANKALTIM.COM – Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-94, Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) bekerjasama dengan Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kukar menyelenggarakan Lomba Ketangkasan Tim Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan. 

Pembukaan even bertajuk KUKAR FIRE FIGHTINGER AND RESCUE TEAM CHALLENGE 2022 ini dilaksanakan di halaman utama Kantor Bupati pada 29 Oktober 2022.

Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Edi Damansyah didampingi Kadispora Aji Ali Husni, dihadiri Kepala Pelaksana BPBD, Kadis Damkar dan Penyelamatan Kota Samarinda, Pemuda Relawan Indonesia, Basarnas, dan beberapa camat yang ada di Kukar.

Pesertanya bukan hanya dari Kukar, tapi juga Kota Samarinda yang mengutus 2 tim.

Total ada 43 tim, terdiri dari 23 team fire fightinger, dan 20 team rescue atau penyelamatan.

Kecamatan Tenggarong mengirim 8 tim, Loa Janan (6), Tenggarong Seberang (3), sedangkan Loa Kulu, Anggana, Muara Badak, Sanga-Sanga, dan Sebulu masing-masing 1 tim.

43 Tim Pemadam Bersaing di Kukar Fire Fightinger and Rescue Team Challenge 2022

Dalam laporannya, Ketua Panitia, Aspianur Sandi menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari yakni 29-30 Oktober 2022.

Panitia didukung BPBD, Satpol PP, Dishub, Dinas Kesehatan, RSUD AM Parikesit, Disdamkar dan Penyelamatan Kota Samarinda, serta Basarnas.

Sandi menjelaskan, lomba ini juga untuk menjalin silahturrahmi sesama anggota Balakarcana, relawan dan juga organisasi.

Sedangkan tujuannya untuk meningkatkan profesionalisme, ketangkasan, wawasan, pengetahuan, mengasah keterampilan, kekompakan serta kerjasama antar tim dan bahkan bisa menjadi ajang evaluasi kemampuan anggota.

Lomba ini memperebutkan juara 1, 2 dan 3 untuk di setiap mata lomba, serta memperebutkan Piala Bergilir Bupati yang akan diperebutkan kembali di tahun depan.

Terkait antusiasme peserta bahkan sampai Provinsi Kalimantan Selatan, maka rencananya tahun depan diadakan lomba se-Kalimantan atau open turnamen.

Sementara, Bupati Edi Damansyah dalam sambutannya saat membuka acara menyampaikan penghargaan, apresiasi dan terima kasih pada komunitas Balakar khususnya Kabupaten Kukar yang eksistensinya di tengah masyarakat sangat membantu sekali.

43 Tim Pemadam Bersaing di Kukar Fire Fightinger and Rescue Team Challenge 2022

“Seringnya terjadi kebakaran memerlukan kita untuk terus sadar dan siaga. Waspada tidak hanya memastikan dari peralatannya saja tetapi juga bagaimana keterampilan dan pelatihan yang sudah dikuasai tetap terasa dengan baik,” ujar Bupati.

Edi juga berharap lomba ini untuk memperkuat ikatan persaudaraan dan silaturrahim.

“Saya juga menyampaikan terima kasih kepada teman-teman utusan Balakar Kota Samarinda,” ujarnya. (AH/ADV/DISPORA)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com