banner 728x90

DPRD Kaltim Apresiasi Langkah Disdikbud Bentuk Agen Perubahan Anti Perundungan

DPRD Kaltim Apresiasi Langkah Disdikbud Bentuk Agen Perubahan Anti Perundungan

HARIANKALTIM.COM – Anggota Komisi IV DPRD Kalimantan Timur (Kaltim), Salehuddin, mengapresiasi langkah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kalimantan Timur untuk membentuk agen perubahan anti Perundungan.

Ia pun mengemukakan peran penting komunitas dan forum dalam melawan perundungan di kalangan siswa.

“Langkah Disdikbud dalam membuat agen perubahan anti perundungan sangat bagus. Karena memang kita butuh itu,” terangnya.

Ia menyoroti kekurangan komunitas dan forum yang secara khusus fokus pada isu perundungan di berbagai sekolah. Ia menilai bahwa keberadaan komunitas semacam ini dapat menjadi langkah penting untuk mengurangi angka perundungan yang semakin meningkat di lingkungan pendidikan.

Pentingnya evaluasi secara berkala terhadap kasus perundungan juga disoroti oleh Salehuddin. Ia menegaskan perlunya mengidentifikasi pola dan tren perundungan yang terjadi di setiap sekolah. Dengan demikian, langkah-langkah pencegahan yang lebih efektif dapat diambil untuk melindungi siswa dari risiko perundungan.

Ia juga menyebutkan perlunya pendampingan dalam membentuk komunitas dan forum yang fokus pada pencegahan perundungan. Upaya ini akan membantu sekolah dalam tugas dan fungsi mereka dalam mengatasi perundungan.

Selain itu, Salehuddin juga menganggap pentingnya adanya advokasi dari komunitas dan forum ini sebagai mitra sekolah dalam proses belajar mengajar.

Pemahaman terhadap aspek psikologis anak juga disoroti juga menjadi suatu yang penting.

“Perundungan dapat mengakibatkan dampak mental yang serius pada siswa, dan perlu adanya upaya untuk memahami dan mencegahnya,” tuturnya.

Salehuddin berharap agar setiap kabupaten dan kota di Kaltim juga memiliki komunitas dan forum serupa, yang akan bekerja sama dengan sekolah untuk mengurangi kasus perundungan.
(Adv//DPRDKaltim//Siko)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com