Duta Pelajar Sadar Hukum, Harus Kreatif, Kolaboratif, dan Inovatif

Duta Pelajar Sadar Hukum, Harus Kreatif, Kolaboratif, dan Inovatif

Pemilihan duta pelajar sadar hukum tingkat Kabupaten Paser diselenggarakan di Hotel Bumi Paser, Tanah Grogot, Selasa (21/06/2022).

Mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim, Plt Kepala Bidang Pembinaan SMK, Taufiqur Rohman mengatakan kegiatan ini terkait dengan proyek kebutuhan pendidikan di masa yang akan datang.

Pertama, menanamkan kepada anak-anak karakter, kinerja yang rajin, pekerja keras dan harus jujur.

“Kedua harus memiliki skill dan kompetensi sehingga terkait kegiatan ini berfikir kritis tidak harus sesuatu hal yang baru, Ilmu ATM (analisa, mengamati, memodifikasi) dilatih untuk harus kreatif, mengomunikasikan dan terbiasa cara berkomunikasi dengan baik, berkolaborasi kerja sama teman yang satu dengan yang lain. Harapan saya kegiatan ini diikuti secara betul-betul di pundak anak-anak masa depan nantinya  dan anak anak harus kreatif, kolaboratif, dan inovatif,” tutur Taufiq.

Sementara, Wakajati Kaltim Amiek Mulandari mengatakan pendidikan nasional itu sangatlah penting untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak, serta peradaban bangsa yang lebih bermartabat dalam rangka mencerdarsakan kehidupan bangsa.

“Kejati Kaltim berkolaborasi dengan Disdikbud Kaltim sama-sama ingin mencerdaskan kehidupan bangsa, beriman dan bertakwa, berahlak mulia, berilmu cakap dan kreatif dengan pemilihan duta pelajar sadar hukum kita berharap kesadaran hukum dalam perkembangan negeri ini agar lebih baik, dapat mengimplementasikan diri, suasana dalam masyarakat akan tentram, lebih kondusif dimulai dari lingkungan pelajar,” tutur Amiek.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kejari Paser Rajendra D. Wiritanaya, S.H, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 5, Ketua Panitia Sugianto, Guru pembimbing dan pendamping.

Dalam lomba ini diperoleh Juara 1 Shafia Rahma Hapsari, Muhammad Daffa Arkan dari MAN Insan Cendekia Paser judul karya Speed GG (Star Protct Evirontment From Destruction Go Green).

Juara 2 Indy Febriani, Musta’in Yusuf dari SMA 1 Long ikis  judul karya Manfess CMP (Curhatan masalah pelajar) media penanganan kasus Bullying di SMA N 1 Long ikis .

Dan Juara 3 Mumamad Qusairi Hamzah, Halimah dari SMAN 1 Long ikis berjudul Podcast Bengkel Milenial sebagai media edukasi mewujudkan generasi muda bebdas narkoba. (MH/ADV/KOMINFO)

 

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com