Festival Mahakam 2023 Diharapkan Lebih Meriah dan Berdampak Besar

Festival Mahakam 2023 Diharapkan Lebih Meriah dan Berdampak Besar

HARIANKALTIM.COM – Pelaksanaan agenda rutin tahunan Pemerintah Kota Samarinda yakni Festival Mahakam pada 2023 ini diharapkan lebih meriah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya dan bisa berdampak besar terhadap perekonomian warga.

Tekad ini tergambar saat Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Samarinda, H. Muslimin, SE, M.Si memimpin rapat persiapan Festival Mahakam 2023, di ruang Rapat Utama Disporapar, Rabu (08/11/2023).

Muslimin berharap agar festival tahun ini dapat mengungguli tahun-tahun sebelumnya dalam hal persiapan yang matang, pengisi acara yang menarik, serta pengamanan dan kebersihan selama kegiatan berlangsung.

“Semua harus disiapkan lebih matang lagi, mulai dari pembukaan, lomba-lomba, pengisi acara, tenda tenant, hingga acara penutupan. Kebersihan dan pengamanan juga menjadi aspek penting yang tidak boleh diabaikan,” ujar Kadisporapar.

Event yang dijadwalkan berlangsung pada 23 hingga 26 November 2023 ini diharapkan dapat memberikan dampak besar terhadap masyarakat untuk turut serta menyaksikan kemeriahan Festival Mahakam.

Rapat persiapan ini juga dihadiri oleh beberapa pejabat dan staf bidang terkait, di antaranya Kepala Bidang Pengembangan Pariwisata Nur Asikin, S. Sos, MM, Kepala Bidang SDM Pariwisata dan Kepemudaan Dra. Hj. Zainun, serta Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Agnes Gering Belawing, SP.

Festival Mahakam 2023 ini akan berpusat di Taman Bebaya Kota Samarinda. Rangkaian acara dalam festival ini meliputi beragam perlombaan.

Di antaranya Lomba Tari Kreasi Daerah tingkat SD, Tari Pesisir, Tari Pedalaman, Kuliner Khas Samarinda, Lari 5K, E-Sport, Bazzar UMKM dan Ekonomi Kreatif, Balap Kapal Tambangan, Kapal Hias, Parade Jetski, Panahan Tradisional, dan Push Bike.

Dengan antusiasme dan persiapan yang lebih matang, Festival Mahakam tahun ini diharapkan akan menjadi perayaan yang tak terlupakan bagi warga Samarinda dan para pengunjung.

Acara ini tidak hanya mempromosikan budaya dan potensi wisata Samarinda, tetapi juga memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan ekonomi kreatif dan sektor pariwisata. (ADV)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com