HUT RI, Napak Tilas Pelajar SMA Susuri Jalanan Samarinda 10 Km

HUT RI, Napak Tilas Pelajar SMA Susuri Jalanan Samarinda 10 Km

HARIANKALTIM.COM – Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Kaltim melalui Bidang Pemberdayaan Sosial (Dayasos) menggelar Rapat Pemantapan Kegiatan Napak Tilas, bertempat di Ruang Kesuma Bangsa, Taman Makam Pahlawan (TMP) Kesuma Bangsa, Samarinda, Selasa (26/07/2022).

Rapat ini dipimpin langsung Kadis Sosial Kaltim, HM Agus Hari Kesuma didampingi Kabid Dayasos, Juraidi serta dihadiri Pejabat Struktural Dinsos Kaltim, Kodim 0901/SMD, Polresta Samarinda, Palang Merah Indonesia (PMI), Satpol PP, Tim Jelajah Samarinda, dan UMKM Bubuhan Banjar.

Dalam arahannya, Kadis Sosial mengatakan kegiatan ini akan berlangsung pada 13 Agustus 2022 sekaligus bertepatan dengan rangkaian hari Kemerdekaan RI yang ke-77. “Saya bangga sekali, masih ada kegiatan semacam ini. Karena melalui kegiatan ini, generasi muda akan tahu sejarah perjuangan pejuang-pejuang kita terdahulu,” ucap Agus.

Ia berharap kegiatan yang dilaksanakan setiap tahunnya ini, benar-benar dapat dijadikan wadah dalam membangkitkan semangat patriotisme untuk mentransformasi nilai-nilai kepahlawanan dan nilai-nilai sosial antara generasi pejuang dan generasi muda penerus bangsa.

“Selain meneladani dan mengenang jasa para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raga mereka demi kemerdekaan Indonesia, kegiatan Napak Tilas ini juga memiliki makna dan nilai-nilai perjuangan para pahlawan yang mesti diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dapat dan harus menjadi spirit dan roh bagi pembangunan di Kaltim,” ungkapnya sekaligus mengakhiri sambutan.

Sebagai informasi, kegiatan napak tilas ini diikuti oleh 20 tim peserta dari Sekolah Menengah Atas (SMA), setiap tim terdiri dari 5 orang peserta dan 1 official tim. Adapun jarak tempuh sekitar 10 kilometer.

Peserta jalan kaki start dari TMP Kesuma Bangsa Jalan Pahlawan, menyusuri Jalan Wolter Mongisidi, Jalan KS Tubun, Jalan Siradj Salman, Jalan Antasari, Jalan RE Martadinata, Jalan Gajah Mada, Jalan Jenderal Sudirman, Kawasan Taman Samarendah, Jalan Bhayangkara, dan berakhir atau finish di TMP Kesuma Bangsa. (MH/ADV/KOMINFO)