SOROTAN
FAM Resmi Laporkan Kasus Miliaran Baznas Kaltim ke Kejaksaan       Kontraktor Curhat Setoran Naik Jadi 15 Persen      Warga Tetangga PDAM Ngaku Tak Pernah Dapat Bantuan CSR      Ada Tulisan Parkir Gratis, Tapi Jukir di Minimarket Masih Dibiarkan

Tekad Kuat Pertahankan Juara Umum, Dayung Kukar Berlatih Keras

Tekad Kuat Pertahankan Juara Umum, Dayung Kukar Berlatih Keras

HARIANKALTIM.COM – Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Kabupaten Kutai Kartanegara mengintensifkan dan memusatkan latihan atlet dayung di Sungai Mahakam untuk menghadapi pertandingan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) di Berau pada November mendatang.

Saat ditemui ketika latihan di gedung PODSI yang bertempat di Pal 5 Jalan Wolter Monginsidi, Rabu (05/10/2022), Elpandra Prayoga selaku pengawas lapangan menjelaskan bahwa setelah bulan lalu melakukan seleksi tes fisik dan kebugaran, saat ini persiapan sudah meningkat sebanyak 20 persen.

Tekad Kuat Pertahankan Juara Umum, Dayung Kukar Berlatih Keras
Elpandra Prayoga, pengawas lapangan latihan Cabor Dayung. (foto: akmal hafidz/hariankaltim.com)

“Yang sebelumnya masih 50 persen, sekarang sudah berada di angka 70 persen, karena kami terus melakukan latihan keras,” ungkapnya.

Latihan dayung sendiri dilaksakan 6 hari dalam seminggu. “Libur hanya hari senin, dalam sehari kami latihan 2 kali,” lanjutnya.

Latihan yang diterapkan yakni pada sesi pagi, latihan mendayung di Sungai Mahakam sejauh kurang lebih 1000 sampai 1500 meter dari gedung PODSI.

“Dan untuk sore, kami biasa latihan fisik seperti joging dan latihan beban, terkadang juga mendayung lagi,” tutur Elpandra.

Ia juga menjelaskan bahwa latihan fisik atlet dayung memang keras, karena untuk meraih target medali emas dan mempertahankan juara umum.

Dikatakan, untuk latihan di sungai bergantung kepada cuaca. Namun cuaca akhir-akhir ini tidak cukup mendukung.

“Bila cuaca hanya sedikit mendung ataupun hujan gerimis kami akan tetap latihan. Selama atlet masih bisa latihan, kami akan terus lakukan latihan,” tegasnya.

Elpandra Prayoga menjelaskan pula bahwa Cabor Dayung akan mengirim 38 atlet untuk bertanding di Porprov, dengan kategori beregu dan perorangan.

Terpisah, salah satu atlet dayung dari kategori beregu yakni Vialdy Prima Nugroho menjelaskan, saat ini fokus kepada latihan untuk meraih target medali emas dan juara umum.

Tekad Kuat Pertahankan Juara Umum, Dayung Kukar Berlatih Keras
Vialdy Prima Nugroho, atlet dayung Kutai Kartanegara. (foto: akmal hafidz/hariankaltim.com)

“Kami latihan sehari dua kali, pagi pada jam 6 dan sore pada jam 3. Menjelang Porprov November nanti, kami akan terus semangat latihan menguatkan mental dan fisik. Semoga usaha yang kami lakukan ini mendapat hasil memuaskan,” harapnya.

Tak lupa ia meminta do’a dari segenap masyarakat Kukar dan juga tentunya dukungan dari pemerintah agar bisa memberikan yang terbaik untuk Kukar. (AH/ADV/DISPORA)