SOROTAN
FAM Resmi Laporkan Kasus Miliaran Baznas Kaltim ke Kejaksaan       Kontraktor Curhat Setoran Naik Jadi 15 Persen      Warga Tetangga PDAM Ngaku Tak Pernah Dapat Bantuan CSR      Ada Tulisan Parkir Gratis, Tapi Jukir di Minimarket Masih Dibiarkan

Museum Samarendah akan Diubah untuk Menarik Pengunjung

Museum Samarendah akan Diubah untuk Menarik Pengunjung

HARIANKALTIM.COM – Museum merupakan wadah warisan budaya dari zaman ke zaman dan bisa dilihat secara langsung.

Selain itu, sebagai tempatnya ilmu pengetahuan terkait dengan sejarah, sehingga dari generasi ke generasi mengerti dan paham akan sejarah yang terdapat di meseum.

Di Kota Samarinda telah berdiri Museum Samarendah yang dibangun melalui APBD Kota sebesar Rp12 miliar dan diresmikan oleh Wali Kota Syaharie Jaang pada 2019 lalu.

Namun seiring waktu, minat pengunjung berkurang, sehingga Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Samarinda mengusulkan untuk mengubah tampilan agar lebih menarik.

Dan belum lama ini, Wali Kota Andi Harun mengungkapkan rencana memperbaiki dan memperindah tampilan Museum Samarendah agar mengundang daya tarik bagi masyarakat Kota Samarinda maupun daerah lainnya.

“Guna mewujudkan UUD 1945 yakni mencerdaskan kehidupan bangsa, serta usulan dari Disdikbud Kota Samarinda, maka Museum Samarendah akan dilakukan pembaharuan dengan mengusung tema era digital,” lanjutnya.

Dijelaskan, Museum Samarendah nantinya akan memiliki videotron berbasis LED tanpa frame dengan animasi 3D.

“Videotron ini, nantinya menampilkan satwa khas Kaltim dan diorama masa lalu, selain dari warisan budaya tersebut,” ucapnya.

Ia menyebutkan, pembaruan Museum ini sejalan dengan visi dan misi Kota Samarinda sebagai Kota Peradaban.

Diharapkan, dengan adanya tampilan baru di Museum ini berdampak pada bertambahnya jumlah pengunjung di museum ini.

Usulan pembangunan ini masih dalam tahap pembahasan oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), termasuk usulan biayanya masih dipertimbangkan. (Adv/IR)