Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, Andi Harun Ingatkan Pentingnya Edukasi Sampah Sejak Dini

Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, Andi Harun Ingatkan Pentingnya Edukasi Sampah Sejak Dini

HARIANKALTIM.COM – Wali Kota Samarinda, Andi Harun menghadiri sekaligus melaunching wadah edukasi daur ulang sampah Kota Samarinda.

Kegiatan dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2023 tersebut berlangsung di Basoda Resto Cafe, Jalan dr Soetomo, Kecamatan Samarinda Ulu.

Andi Harun menyebut, jika manfaat dari kegiatan itu merupakan bentuk edukasi terkait pengelolaan sampah di Kota Samarinda.

“Sampah tidak akan menjadi beban jika bisa dikelola dengan baik,” ujar Andi Harun, Kamis (09/03/2023).

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa edukasi sampah sejak dini sangatlah penting dan harus segera diterapkan.

“Kalau kita belajar dari daerah kota yang bersih, itu tidak hanya berbicara tentang teknologi pengelolaan sampah, tetapi juga bagaimana kesadaran secara dini dari anak-anak,” ungkapnya.

Pada saat ini, sambungnya, anak-anak tumbuh menjadi dewasa maka mereka akan menjadi masyarakat yang sadar terhadap sampah.

Menurut Andi Harun, hal tersebut berhubungan langsung dengan kualitas kota, kualitas SDM, dan juga berhubungan dengan kualitas lingkungan.

“Sehingga progam daur ulang sampah dapat memberikan inspirasi, jika sampah dapat dikelola dengan baik maka akan menghasilkan manfaat ekonomis,” jelas Andi Harun.

“Selain menghasilkan manfaat ekonomis kegiatan itu juga dapat membuka lapangan pekerjaan,” pungkasnya. (ADV/HB)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com