banner 728x90

Raih Penghargaan Penghimpunan Metadata Statistik, Dishub Kaltim Berkomitmen Tingkatkan Kontribusi

Raih Penghargaan Penghimpunan Metadata Statistik, Dishub Kaltim Berkomitmen Tingkatkan Kontribusi

HARIANKALTIM.COM – Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur meraih penghargaan terbaik ketiga dalam penghimpunan metadata statistik sektoral yang diadakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalimantan Timur.

Penghargaan ini merupakan hasil dari penilaian menyeluruh yang dilakukan oleh BPS terhadap berbagai Instansi di Kalimantan Timur.

Kepala Dinas Perhubungan Kaltim, Yudha Pranoto mengungkapkan rasa syukur atas penghargaan yang diterima, Senin (04/12/2023).

Penerimaan penghargaan dilakukan saat Rapat Kordinasi Daerah (Rakorda) dan Launching Sensus Pertanian 2023 Badan Pusat Statistik Kaltim secara virtual dan tatap muka, bertempat di Hotel Blue Sky, Ballroom lantai 3.

“Dinas Perhubungan berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pengumpulan data dan memberikan kontribusi yang lebih baik dalam pengembangan statistik sektoral di masa depan,” ungkapnya.

Kepala BPS Kalimantan Timur, Yusniar Juliana menjelaskan bahwa kegiatan penghimpunan metadata statistik sektoral telah berlangsung sejak tahun 2022.

“Program ini melibatkan kerja sama antara BPS sebagai Pembina Data, Dinas Komunikasi dan Informatika sebagai Wali Data, dan Bappeda sebagai Koordinator Sekretariat Satu Data Indonesia,” terangnya.

Pada tahun 2023, kegiatan ini dilanjutkan dengan penyelenggaraan Coaching Clinic Statistik Sektoral oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur.

Dalam upaya meningkatkan kualitas dan ketersediaan data statistik yang akurat dan terpercaya, BPS Provinsi Kaltim juga mengadakan Focus Group Discussion mengenai penghimpunan metadata.

Yusniar menekankan pentingnya kerja sama dan koordinasi antara lembaga dalam penghimpunan data statistik, sehingga data yang dihasilkan tidak hanya akurat tetapi juga relevan untuk mendukung pembangunan daerah.

Acara penghargaan ini dihadiri oleh para pemangku kepentingan terkait dan juga melibatkan agenda pembukaan Rakorda, rilis data, serta pemberian penghargaan.

Dengan adanya penghargaan ini, diharapkan instansi lain dapat terinspirasi untuk meningkatkan kualitas pengumpulan dan penggunaan data statistik untuk pembangunan daerah yang berkelanjutan. (ADV)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com