Resmikan Pasar Dayak, Andi Harun Sebut Pasar yang Lama Sangat Tidak Layak dan Kurang Manusiawi

Resmikan Pasar Dayak, Andi Harun Sebut Pasar yang Lama Sangat Tidak Layak dan Kurang Manusiawi

HARIANKALTIM.COM – Wali Kota Samarinda, Andi Harun meresmikan Pasar Dayak atau Pasar Beluluq Lingau yang terletak di kawasan Jalan PM Noor, Rabu (08/02/2023).

Sebagai informasi, pembangunan pasar yang ditempati 70 pedagang ini memakan biaya sekitar Rp6,5 miliar.

Dalam sambutannya, Andi Harun mengatakan, bahwa pasar itu sangat dinantikan pembangunannya oleh masyarakat adat dayak.

“Dulu boleh dikatakan jika pasar yang berada di pinggir jalan sangatlah tidak layak dan boleh dianggap kurang manusiawi penempatannya,” ungkap Andi Harun dalam sambutannya.

“Di saat saya diberi kepercayaan untuk memimpin kota ini, saya bertekad dalam hati agar bisa memberikan rasa hormat yang tinggi kepada teman-teman pedagang yang pada umumnya berasal dari Desa Budaya Pampang,” sambung Andi Harun.

Ia mengaku, beberapa waktu lalu pada saat melakukan penertiban di Jalan Wahid Hasyim pihaknya mendapat penolakan dari para pedagang.

“Saat kita ingin tertibkan, kita mendapatkan penolakan dari para pedagang, mereka tetap mau bertahan. Mereka tidak mau tempat berjualannya dibongkar sebelum Pasar Dayak dibongkar,” ucap Andi Harun.

Saat itu ia mengatakan, jika suatu saat nanti Pasar Dayak pasti akan dibongkar dan tidak akan berjualan di pinggir jalan lagi.

“Puji Tuhan, kita sudah berada di sini di Pasar Dayak atau Beluluq Lingau yang baru saja kita resmikan hari ini,” ujarnya.

Menurut orang nomor satu di Kota Tepian itu, keberadaan pasar tradisional seperti pasar Dayak ini sangatlah penting.

“Tetap saja pasar offline seperti pasar ini sangat dibutuhkan, karena fungsinya bukan hanya untuk berjual beli melainkan juga bisa menjadi tempat silahturahmi dan bertemu satu sama lain,” ucap Andi Harun.

Ia juga menegaskan, bahwa pasar tradisional tersebut merupakan salah satu indikator dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Kota Samarinda.

“Tentunya dapat memberikan kontribusi dalam pertumbuhan ekonomi,” tutupnya. (ADV/HB)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com