Wali Kota Samarinda Sebut Peta Jaringan Pipa Bentuk Antisipasi Kebocoran Pipa PDAM

Wali Kota Samarinda Sebut Peta Jaringan Pipa Bentuk Antisipasi Kebocoran Pipa PDAM

HARIANKALTIM.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda terus mengoptimalisasi kinerja Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Kencana.

Hal ini disampaikan langsung oleh Wali Kota Samarinda, Andi Harun di hadapan awak media, Selasa (08/11/2022) malam, di Anjungan Karamumus Balaikota.

Ia menjelaskan bahwa Non Revenue Water (NRW) PDAM yang mengalami kebocoran berada di angka 39 persen.

“Ada dua penyebab terjadinya NRW ini yakni adanya kebocoran pipa milik Perumdam dan penunggakan pembayaran konsumen yang tidak terdeteksi oleh Perumdam Samarinda,” lanjutnya.

Terkait hal tersebut, ia telah memerintahkan Perumdam Samarinda serta Dewan Pengawas (Dewas) untuk segera berupaya menurunkan tingkat NRW.

“Dan ini memang bukan perkerjaan mudah, untuk menurunkan angka NRW setiap tahunnya, bila terjadi penurunan 2 persen saja, itu sudah menunjukkan prestasi yang bagus,” ucapnya.

Langkah yang konkret dan bisa dimanfaatkan untuk mengetahui lebih jelas yakni dengan adanya pembuatan peta jaringan pipa se-Kota Samarinda.

“Dan dari peta ini akan kita ketahui semua jenis pipa yang tertanam, baik itu kedalaman, jenis bahan pipa, hingga usia pipa tersebut,” jelasnya.

Di samping itu, sambung Wali Kota, dengan adanya peta ini, pihak Perumdam Samarinda akan selalu siaga guna melakukan perbaikan pipa bocor yang telah berusia tua.

“Bahkan pipa ini waktu pemasangan pada tahun 1977, tentunya kita bisa perkirakan berapa usianya, dan ini jenis pipa besi tidak seperti tahun sekarang,” tambahnya.

Dikatakan, inovasi ini merupakan pertama kalinya dibuat, dan sudah 62 persen pengerjaan pembuatan peta jaringan pipa ini, serta bisa dilihat melalui aplikasi.

“Diharapkan dengan adanya inovasi ini bisa dimanfaatkan guna mengatasi segera mungkin kendala dalam saluran air bersih, sehingga ke depannya masyarakat bisa menikmati tanpa mesti nunggu antrean nyala air,” pungkasnya. (Adv/IR)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com