Wali Kota Samarinda Tegaskan Daerah Penyangga IKN Dilibatkan Dalam Pembangunan

Wali Kota Samarinda Tegaskan Daerah Penyangga IKN Dilibatkan Dalam Pembangunan

HARIANKALTIM.COM – Wali Kota Samarinda menghadiri sekaligus menjadi pembicara dalam dialog nasional yang telah dilaksanakan oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) dengan mengusung tema “Transformasi Perkotaan Indonesia Kini dan Nanti,” melalui video conference pada Selasa (08/11/2022).

Dalam kegiatan ini, selain Wali Kota Samarinda H. Andi Harun, terdapat para pemateri lainnya seperti Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Wali Kota Bogor Bima Arya, Kepala BPW Kementerian PUPR Rachman Arief Dienaputra, Board Of Director Member FIABCI Dunia Soelaeman Soemawinata dan pemateri pendukung lainnya.

Pada kesempatan itu, Wali Kota menyampaikan bahwa Kota Samarinda dan Kota/Kabupaten di Kalimantan Timur (Kaltim) telah sepakat untuk siap dalam menyambut Ibu Kota Negara (IKN).

“Pembangunan IKN ini tidak terlepas dari daerah penyangga seperti Kota Samarinda, Kota Balikpapan, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) serta daerah lainnya,” lanjutnya saat menyampaikan masukan kepada Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto terkait pembangunan IKN ini.

“Kita belajar dari pembangunan DKI Jakarta yang tidak melibatkan daerah lainnya sebagai daerah penyangga, yang hingga saat ini kita ketahui bersama, banyak dampak sosial dan lainya,” ujarnya.

Hal ini, sambung dia, 5idak lain guna mengantisipasi adanya dampak tersebut di wilayah IKN nantinya.

“Sehingga apa yang menjadi perencanaan IKN ini, diharapkan bisa berjalan dengan lancar,” pungkasnya. (Adv/IR)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com